Sunday, January 16, 2011

Seni Tari

halo guys... pakabar udah lama gak curhat bin cuap cuap di blog ini...
sekarang saya mau cerita tentang seni tari neh... gak tau kenapa lagi suka sama  Seni tari-tarian, baik tarian tradisional maupun tarian modern (modern dance).
Tari sering sekali kita lihat baik itu di media televisi, acara-acara pagelaran seni ataupun acara battle dance yang sering dilakukan oleh anak-anak muda pecinta seni tari modern.
berikut adalah beberapa definisi tari dari beberapa artikel yang saya baca:


  1. Tari merupakansalah satu cabang seni, dimana media ungkap yang digunakan adalah tubuh. Tarimendapat perhatian besar di masyarakat. Tari ibarat bahasa gerak merupakan alatekspresi manusia sebagai media komunikasi yang universal dan dapat dinikmatioleh siapa saja, pada waktu kapan saja.
  2. Tari merupakan salah satu bentukkesenian yang memiliki media ungkap atau substansi gerak, dan gerak yangterungkap adalah gerak manusia. Gerak-gerak dalam tari bukanlah gerak realistisatau gerak keseharian, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif. Gerak ekspresif ialah gerak yangindah, yang bisa menggetarkan perasaanmanusia.Gerak yang di stilir mengandungritme tertentu,yang dapat memberikankepuasan batin manusia. Gerak yang indahbukan hanya gerak-gerak yang halussaja, tetapi gerak-gerak yang kasar, keras,kuat, penuh dengan tekanan-tekanan,serta gerak anehpun dapat merupakan gerakyang indah. Gerak merupakan elemenpertama dalam tari, maka ritme merupakanelemen kedua yang juga sangatpenting dalam tari.

Definisi tari menurut Soedarsono “Tari adalah ekspresi jiwa manusiayang di ungkapkan dengan gerak-gerak ritmis yang indah. untuk menghasilkan gerak yang indah membutuhkan proses pengolahanatau penggarapan terlebih dahulu, pengolahan unsur keindahannya bersipatstilatif dan distortif.”

  • Gerak Stilatif  yaitu: gerak yangtelah mengalami proses pengolahan (penghalusan)yang mengarah pada benuk-bentuk yang indah.
  • Gerak Distorsif yaitu:pengolahan gerak melalui proses perombakan dariaslinya dan merupakan salah satu proses stilasi.
Dari hasil pengolahan gerak yang telah mengalami stilasi dan distorsilahirlah dua jenis gerak tari yaitu, gerak murni (pure movement) dan gerakmaknawi.

  • Gerak murni : dalam pengolahannyatidak mempertimbangkan suatu pengertiantertentu,yang dipentingkan factor keindahan gerak saja.
  • Gerak maknawi : dalam pengolahannyamengandung suatu pengertianatau maksud tertentu, disamping keindahannya. Gerakmaknawi disebut juga gerak Gesture, bersifat menirukan ( imitative danmimitif).a.Imitatif adalah gerak peniruan dari binatang dan alam.

  1. Mimitifadalah gerak peniruan dari gerak-gerik manusia.Tarimerupakan komposisi gerak, berdasarkan bentuknya ada 2 jenis tari yaitu :Tari
  • Representasional yaitutari yang menggambarkan sesuatu secarajelas. Tari bersumber pada kehidupan sehari-hari. Contoh:Tari perang, tari tani dll.
  • Tari Non Representasional yaitutari yang tidak menggambarkan sesuatu,menekankan pada keindahan gerak semata.
Keindahan dalam seni taritidak hanya pada gerak tubuh, untuk keutuhannya memerlukan dukungan seni lainsebagai kelengkapan seperti:busana, rias, property, musik, tata pentas, dramadan sastra. Sehingga seni tarimenjadi bentuk seni yang komplek, yang mengandungbeberapa macam unsur seni.

Seni tari indonesia tuh banyak banget, nah mau tau kan nama-nama tari yang ada di Indonesia itu ada tari apa aja, dibawah ini adalah daftar dari nama-nama tarian yang ada di Indonesia. belum semuanya di tulis sih soalnya kebanyakan.^^



§  Tari Andun
§  Tari Bambangan Cakil
§  Tari Banjar
§  Tari Batu Nganga
§  Tari Bedana
§  Tari Beksan LawungAgeng
§  Tari BidadariTeminang Anak
§  Tari Bines
§  Tari Bosara
§  Tari Odisi
§  Tari Caka lele
§  Tari Campak
§  Tari Cangget
§  Tari Cokek
§  Tari Didong
§  Tari Dinggu
§  Tari Ende Lio
§  Tari Guel
§  Tari Gending Sriwijaya
§  Tari Jaipong
§  Tari Jangget
§  Tari Joged Lambak

§  Tari Kanjar
§  Tari Kecak
§  Tari Kendalen
§  Tari Kipas
§  Tari Lariangi
§  Tari Laweut
§  Tari Legong
§  Tari Likok Pulo
§  Tari Melinting
§  Tari Meminang
§  Tari Merak
§  Tari Monong
§  Tari Mpaa Lenggo
§  Tari Mpaa Sampari
§  Tari Mung Dhe
§  Tari Mak Inang
§  Tari Mak Yong
§  Tari Pala
§  Tari Payung
§  Tari Pedang
§  Tari Pendet
§  Tari Perang
§  Tari Pho
§  Tari Pinggan
§  Tari Piring
§  Tari Pukat
§  Tari Putri Bekhusek
§  Tari Rangguk
§  Tari Rantak -Minangkabau
§  Tari Rantak Kudo -Hamparan Rawang, Kerinci
§  Tari Rapa'i Geleng
§  Tari Ratéb Meuseukat
§  Tari Reog
§  Tari Remo
§  Tari Saman
§  Tari Seblang
§  Tari Sekapur Sirih
§  Tari Selampit Delapan
§  Tari Sembah
§  Tari Serampang DuaBelas
§  Tari Serimpi
§  Tari Seudati
§  Tari Suru Boek
§  Tari Tandak
§  Tari Tanggai
§  Tari Tayub
§  Tari Topeng
§  Tari Tor-Tor
§  Tari Ula-ula Lembing
§  Tari Yospan
§  Tari Zapin

0 comments:

Post a Comment